PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) adalah salah satu anak perusahaan BUMN PT Hutama Karya (Persero) yang menjalankan usaha di bidang penyedia jasa konstruksi. HKI telah berpengalaman dalam menjalankan usaha di bidangnya, terutama dalam proyek pembangunan jalan tol. HKI mendapatkan kepercayaan mengerjakan sejumlah proyek prestisius, salah satunya pembangunan jalan Tol Trans-Sumatera. 

Dalam penyediaan jasa konstruksi, PT Hutama Karya Indonesia (HKI) berupaya menyelesaikan proyek dengan menerapkan konsep inovatif, salah satunya dengan menerapkan metode Lean Construction pada beberapa titik di area proyek.

Lean Construction adalah metode dalam mendesain sistem kerja proyek konstruksi yang dapat mengidentifikasi adanya waste (pemborosan) sehingga segala sesuatu yang tidak menambah nilai (value) dapat diminimalisir atau dihilangkan. Dalam sebuah proyek, permasalah yang cenderung terjadi adalah keterlambatan material, ketidakefektifan SDM, hingga pengelolaan limbah. Dengan penerapan Lean Construction, sebuah proyek dapat dilaksanakan secara optimal tanpa hambatan. Metode Lean Construction yang telah diterapkan HKI pada salah satu bagian proyek pembangunan jalan Tol Trans-Sumatera terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu maupun biaya.

Di masa yang akan datang, kami percaya bahwa HKI mampu tumbuh dan berkembang serta memegang peranan yang lebih luas dalam pengembangan infrastruktur di Indonesia.