Pada hari Kamis, 1 Agustus 2019, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) berhasil menyabet kemenangan dalam ajang CAT Global Operator Challenge 2019. Kompetisi bertaraf internasional ini untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia dan diselenggarakan oleh PT Trakindo Utama. Sebanyak 25 orang operator alat berat ikut menjadi peserta, salah satunya adalah operator alat berat HKI pada proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 3, Edi Darmawana yang berhasil meraih juara ke-3.

Dalam CAT Global Operator Challenge 2019 ini, setiap peserta ditantang uji kemampuan dalam mengoperasikan backhoe maupun loader. Selain babak penyisihan di Yogyakarta, masih akan ada babak penyisihan di kota Palembang, setelah sebelumnya babak penyisihan telah diselenggarakan di Banjarmasin dan Makassar.

Adanya ajang ini merupakan sebuah apresiasi tersendiri akan profesi operator alat berat yang memiliki peranan penting dengan kemampuannya dalam mengoperasikan alat berat, terutama di masa-masa seperti sekarang di mana pembangunan infrastruktur kian dipercepat. Selain menguji keterampilan para operator, kompetisi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas para operator alat berat yang akan berdampak positif kepada peningkatan produktivitas.

Tidak main-main, untuk mengikuti kompetisi ini setidaknya peserta harus menguasai 4 (empat) alat berat yang berbeda, memiliki pengalaman minimal 3 tahun dalam mengoperasikan alat berat secara profesional, dan telah mengantongi Surat Izin Mengoperasikan alat berat (SIO/SIMPER/KIMPER).

 

Dalam kompetisi ini, terdapat 3 (tiga) tantangan untuk para peserta, yaitu: uji mengangkat paralon dan menempatkannya dengan tepat, mengambil bola dari atas corn dan memasukannya ke dalam drum, serta mengoperasikan loader dengan rintangan. Selain, kecepatan dan konsentrasi, salah satu teknik yang menjadi penilaian adalah bagaimana tiap operator harus selalu mengutamakan keselamatan kerja. Sehingga tidak hanya dapat menyelesaikan proyek dengan cepat dan tepat, namun juga aman bagi diri sendiri dan lingkungan kerja.

 

Edi Darmawana, Operator HKI asal Palembang sukses meraih juara ke-3

 

Edi Darmawana yang berhasil menjadi juara ke-3 mengutarakan pengalamannya dalam mengikuti kompetisi ini, “Walaupun sempat grogi karena baru pertama kali mengikuti kompetisi semacam ini, sebenarnya alat berat yang dipakai selama ini mirip dengan yang kita gunakan sehari-hari dalam bekerja, jadi sudah cukup familiar. Hanya saja, alat berat dalam kompetisi ini jauh lebih canggih jadi harus ada penyesuaian kembali dari kita sebagai operator,” ungkapnya penuh keceriaan.

 

Edi juga bersyukur dapat meraih posisi 3 (tiga) besar dalam ajang bergengsi ini. Prestasi ini menjadi kebanggan tersendiri karena telah membawa nama perusahaan dengan baik dan menjadi motivasi kuat agar dapat terus mengasah skill-nya dalam mengoperasikan berbagai macam alat berat lainnya.

 

Ditemui terpisah, Direktur Utama HKI, Aji Prasetyanti, mengungkapkan apresiasi dan kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan oleh Edi. “Sungguh membanggakan. Untuk itu, mulai saat ini saya mendorong semua Insan HKI untuk terus mengembangkan kapasitas dirinya sehingga menjadi begitu kompeten dan dapat berprestasi seperti pak Edi Darmawana,” kata Aji. Atas prestasi ini, Edi diberi penghargaan khusus oleh HKI. “Semua yang berprestasi dan mengharumkan nama HKI akan kita beri bonus khusus supaya semakin semangat berkarya untuk HKI dan negeri. Terus supaya yang lain pun tahu, jadi terdorong untuk ikut berprestasi,” ungkap Aji.